SEJARAH DIPERINGATINYA HAK ASASI MANUSIA

SEJARAH DIPERINGATINYA HAK ASASI MANUSIA
Dec 10,2019

Hak Asasi Manusia adalah hak dasar yang dimiliki setiap pribadi manusia sebagai anugerah tuhan yang dibawa sejak lahir. Tidak ada yang boleh merampas hak seseorang.

Sejarah HAM Internasional diperingati pertama kali pada tahun 1948. Tanggal peringatan tersebut diputuskan dalam sidang majelis Umum PBB dan ikut diperingati oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Dewan Umum PBB mendeklarasikan Universal Declaration of Human Right. Bertempat di Palais de Chaillot, Paris, deklarasi berisi tentang hak yang tidak dapat diganggu gugat dan dicabut oleh siapapun terkait hak sebagai manusia.

Eleanor Roosevelt sekaligus menjadi wanita pertama yang menjadi ketua  Komisi HAM (Commission on Human Rights/CHR) yang menyusun deklarasi hak asasi manusia.

“Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia menjadi Magna Carta pertama secara internasional dan diakui oleh seluruh dunia” ungkap Eleanor Roosevelt, ketua Komisi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa saat deklarasi PPB diadakan, dikutip dari activesustainability.com. Peringatan resmi Hak Asasi Manusia pada tanggal 10 Desember dimulai pada tahun 1950. Semua terjadi setelah Dewan PBB mengundang semua negara dan organisasi untuk memperingatinya.

 

Sumber:
https://tirto.id/sejarah-hari-hak-asasi-manusia-yang-diperingati-tiap-10-desember-em9h

https://www.genpi.co/berita/28830/hari-hak-asasi-manusia-10-desember-begini-sejarahnya