Tanah di Zona Rawan Bencana Tidak Dapat Diterbitkan Sertifikat

Tanah di Zona Rawan Bencana Tidak Dapat Diterbitkan Sertifikat

Tenaga Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Arie Yuriwin mengungkapkan, Zona Rawan Bencana (ZRB) tidak dapat diterbitkan sertifikat.

 

 

Kata Arie, ZRB merupakan zona yang tidak layak dijadikan tempat tinggal oleh masyarakat. " Tanah- tanah yang musnah akibat bencana di sana sudah kami inventarisasi. Selain itu, tidak bisa kami terbitkan sertifikat tanah," tegas Arie dalam keterangan pers, Jumat (21/10/2020). Arie melanjutkan, jika ada permohonan sertifikat atas tanah di atas zona tersebut akan dibatalkan. Untuk diketahui, Pemerintah menetapkan empat zona ruang rawan bencana Palu dan sekitarnya atau Zona Rawan Bencana (ZRB) pasca terjadinya benacana alam di Provinsi Tengah.

 

 

Keempat zona tersebut adalah ZRB I atau Zona Pengembangan, ZRB II atau Zona Bersyarat, ZRB III atau Zona Terbatas, serta ZRB IV atau Zona Terlarang. Karena dilarang untuk diterbitkan sertifikat, ZRB akan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat harus mengawasi agar masyarakat tak kembali ke daerah itu. Dia mengungkapkan, masyarakat yang tinggal di hunian tetap ( huntap) akan mendapatkan sertipikat tanah.

 

 

Kementerian ATR/BPN telah menargetkan untuk mendaftarkan tanah di seluruh Indonesia melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL) "Namun, dasarnya pemberian sertipikat tanah itu adanya Surat Keputusan (SK) Wali Kota/ Bupati terkait masyarakat yang akan tinggal di sana dan hingga sekarang belum ada," katanya.

 

 

Selain itu, Kementerian ATR/BPN juga berupaya memperbaiki layanan pertanahan di daerah dengan memberlakukan layanan elektronik untuk pengurusan Hak Tanggungan, pembuatan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), Pengecekan Sertipikat Tanah, serta Informasi Zona Nilai Tanah (ZNT). "Kami targetkan, tahun depan layanan kami sudah terintegrasi ke elektronik," ucap Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Reformasi Birokrasi Gunawan Muhammad.

 

Penawaran properti (Tanah/Kav) terbaik untuk Anda. Berlokasi di Graha Famili Blok O, kawasan elit di Surabaya Barat yang berkembang pesat dengan fasilitas super lengkap. Memiliki luas 386 m2  sangat cocok dibangun hunian mewah untuk keluarga anda. Miliki dengan harga Rp 20 Jt/m2 (nego)

 

Hubungi Tim Kami dengan Ibu Lina Tjendrawasih di Nomor 0821 3134 2418

Related Property


Tanah Dijual Luas di kawasan elit Graha Famili Blok O

Graha Famili Blok O,Jawa Timur, Surabaya, Wiyung

Tanah Dijual Luas di kawasan elit Graha Famili Blok O
386 m2 m2 + Office Rooms + Bathroom

DESKRIPSI PROPERTI

Penawaran properti (Tanah/Kav) terbaik untuk Anda. Berlokasi di Graha Famili Blok O, kawasan elit di Surabaya Barat yang berkembang pesat dengan fasilitas super lengkap. Memiliki luas 386 m2 sangat cocok dibangun hunian mewah untuk keluarga anda.

Spesifikasi:
Luas Tanah: 386 m2
Sertifikat Hak Guna Bangunan

Harga Rp. 20 Jt/meter persegi

 

RINGKASAN CEPAT

Id Properti 197
Harga Rp. 20.000.000
Luas Tanah 386 m2
Luas Bangunan m2
Kamar Tidur +
Kamar Mandi +
Tipe sale
Tersedia Sejak Nov 24,2020
Sertifikat shgb
Kategori Tanah
Lantai
Kelistrikan

Marketplace

HUBUNGI AGEN

Lina Tjendrawasih

Lina Tjendrawasih

Phone: +62 821-3134-2418
Email Adress: lina.tjendrawasih@rwbdg.com
Facebook:
Instagram: linatjendra

PROPERTI SEJENIS