Musim Hujan Datang, Siap-siap Perang Dengan Rayap

Musim Hujan Datang, Siap-siap Perang Dengan Rayap

Musim hujan tidak hanya menjadi tanda akan datangnya bencana banjir. Cuaca basah biasanya juga membawa serta binatang-binatang liar untuk "berteduh" dan mencari lokasi-lokasi hangat di dalam rumah Anda, termasuk rayap. Rayap "bekerja" sepanjang hari, setiap hari dalam seminggu memakan kayu di rumah Anda. Namun demikian, rayap merupakan pemakan yang lamban. Sembari rayap menggerogoti rumah perlahan-lahan, segeralah basmi hewan tersebut di dalam rumah Anda!

 

1. Menghilangkan Langsung Dari Sumbernya

 

Membasmi rayap di rumah adalah dengan menghilangkan langsung sumber makanannya. Pastikan kayu di rumah Anda tidak lembab. Pasalnya, bau kayu yang lembab akan menarik rayap. Selain itu, jaga juga agar kayu-kayu di rumah Anda tidak memiliki kontak dengan tanah.

 

2. Memakai Zat Pembasmi Rayap

 

Anda bisa menggunakan bahan kimia termisida. Anda hanya perlu menyemprotkannya ke sarang dan kayu-kayu yang sudah terserang rayap. Bahan kimia ini sangat ampuh, tetapi juga berpotensi merugikan kesehatan Anda. Maka, sebaiknya gunakan dahulu pilihan lain sebelum menggunakannya.

 

3. Gunakan Bekas Putung Rokok

 

Gunakan puntung rokok. Rendam 10 batang puntung rokok ke dalam dua gelas air dan setengah sendok makan garam. Biarkan larutan itu semalaman. Setelah itu, saring larutan dan masukkan dalam alat penyemprot. Semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.

 

4. Penggunaan Daun Pepaya Dan Daun Sirih

 

Gunakan daun pepaya dan daun sirih. Masukkan daun pepaya dan daun sirih ke dalam blender dengan perbandingan 2:1, dua untuk daun pepaya dan satu untuk daun sirih. Tambahkan air secukupnya. Setelah lembut, saring airnya. Tambahkan air hasil saringan dengan alkohol 70 persen dengan perbandingan 2:3. Masukkan dalam alat penyemprot, kemudian semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap. Selamat mencoba!